Mengintip Jokowi-Ahok Berbicara

Akhir Agustus 2012

Sekitar sebulan sebelum pemilihan, saya tertarik untuk melihat sosok pria yang digadang-gadang menjadi walikota solo terbaik itu, bahkan salah satu terbaik di dunia.Saya juga penasaran dengan sosoknya karena nekat datang ke Jakarta dari Solo untuk menjadi ‘Presiden Jakarta” mengalahkan si Kumis, Fake yang seakan the untouchable karena kekuatannya.

Sore itu Jokowi saya lihat duduk dengan santai dan masih mengenakan kemeja kotak-kota khasnya, sebagai bagian dari kampanye. Saya melihatnya dari fisik memang jauh dari sosok pejabat yang terlihat sok penting. Jokowi kurus malah menjurus ke krempeng. Rambutnya lurus disisir ke samping, terlihat kecil. Tapi ketika berdiri termasuk tinggi juga.

Di cecar pertanyaan apapun, dia menjawab santai. Dia mengeluarkan dua contoh kartu Kesehatan dan Pendidikan yang akan digunakanya jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta 2012 menggantikan Foke. Tapi dia tertawa dan emoh ketika ditanya ketertarikannya menjadi gubernur jakarta disokong oleh Prabowo, partai Gerindra yang juga bekas mantu presiden Soeharto.

Kalau mengenai pak Prabowo saya no comment,” katanya. Saya jadi ingat jargon yang sering dilontarkan artis Desy Ratnasari dengan no comment.

Itu sebelum pemilihan Gubernur pada 11 Juli.

Tapi setelah pemilihan selesai, Jokowi dan pasangannya Ahok mendapatkan poling paling tinggi, saya berkesempatan melihat dan mendengarkan Ahok, wakilnya berbicara. Cara bicaranya yang berkobar-kobar dan apa adanya.

Menarik, berbeda dari orang cina yang biasa saya temui. Diluar mendengarkan kabar tentang dia yang korupsi dari akun Twitter @triomacan2000, saya berharap jika terpilih pasangan Jokowi-Ahok ini mampu mengubah Jakarta yang semakin semrawut. Bayangin, APBD Jakarta itu setahun Rp 140 triliun. Kemana aja itu uang? Jalanan masih banyak yang rusak, pedestarian nyaris hilang, tranposrtasi carut marut belum lagi banyaknya anak jalanan yang berserakan.

Menjelang 20 September 2012 ini apakah pasangan ini bisa menang mengalahkan Foke yang semakin hari semakin kuat. Apakah ingin berubah dengan terus memilih Foke? Kita tunggu saja

Leave a Reply

