Film Thor: The Dark World

Image

 

Sekuel film Thor: The Dark World ternyata cukup membosankan. Banyak aksi baku pukul sambil melayang hingga menembus awan lalu masuk ke dimensi yang berbeda. Tak lama ada yang jatuh, terbanting ke tanah, kembali kena pukulan, melayang dan meluncur kena mobil hingga hancur, lalu terselip ledakan. Begitu terus menerus, seperti tidak ada inspirasi baru agar film ini enak ditonton dan menjadi sajian yang menyenangkan.

Bisa dibilang film ini adalah produk Marvel terbaru yang kurang “nendang”. Sang sutradara Alan Taylor (Palookaville, The Emperor’s New Clothes, dan Kill the Poor) seperti telah kehabisan ide. Mungkin perlu dimaklumi, selama ini Taylor lebih banyak menyutradarai serial televisi yang berbau drama (Sex and The City, The Sopranos). Walhasil, dia gagap ketika diberi proyek sebuah film laga besar yang perlu kecakapan dalam permainan efek komputer.

Film masih bercerita tentang Thor, dewa petir bersenjata palu yang telah dirancang untuk menjadi Raja Asgard menggantikan ayahnya, Odin (Anthony Hopkins). Thor telah mengunjungi sembilan belahan dunia untuk perdamaian. Tapi pikirannya masih tertuju kepada Jane Foster (Natalie Portman), ilmuwan yang dikenalnya di bumi.

Pertemuan Thor dengan Jane terjadi lagi ketika Thor merasakan Jane sedang dalam bahaya. Jane tanpa sengaja menemukan ruang hampa yang mampu membawanya ke dimensi lain. Jane tersengat listrik sehingga jika ada yang menyentuhnya, langsung keluar ledakan dan semua orang terpelanting. Jane jadi memiliki kekuatan yang mencengangkan.

Thor punya musuh baru, yakni Malekith (Christopher Eccleston), pemimpin Dark Elves. Malekith ditampilkan sebagai sosok berwajah pucat dengan mata melotot dan mimik wajah penuh kebencian serta telinga yang runcing. Malekith mengincar kekuatan yang dimiliki Jane. Thor menyelamatkan Jane dengan membawanya ke dunia Asgard –yang terlihat dikemas seperti campuran dari film Star Wars dan The Lord of The Ring– yang suram, kusam, dan gelap. Malekith bertujuan memusnahkan Asgard dan menguasai alam semesta menuju kegelapan. Begitu pula dengan bumi yang ingin dihancurkannya.

Sedangkan Loki, adik tiri Thor yang pernah membuat kerusuhan, masuk penjara. Sosok Loki yang kejam luntur ketika mengetahui ibunya (Rene Russo) terbunuh oleh Malekith yang menyerbu ke istana. Thor memberikan solusi untuk membalaskan dendam ke Malekith dengan mengajaknya bekerja sama.

Karakter Loki yang lucu diperlihatkan ketika dia memamerkan keahliannya dalam membuat ilusi. Loki berganti-ganti rupa, salah satunya menjadi Captain Amerika (Chris Evans). Sedangkan Jane lebih banyak pingsan hingga berulang kali. Padahal penonton berharap, dengan kekuatannya itu Jane tampil sebagai salah satu penyelamat membantu Thor. Tapi penonton dikecewakan. Justru Loki yang menjadi pahlawan.

Di luar cerita yang banyak diwarnai dentuman itu, jangan berharap banyak. Untuk memenuhi rasa rindu kepada Thor, cukuplah menonton dan menikmatinya.

Film: Thor: The Dark World
Sutradara: Alan Taylor
Pemain: Chris Hemsworth, Natalie Portman, Tom Hiddleston, Anthony Hopkins, Stellan Skarsgard, Rene Russo, Christopher Eccleston, Idris ELba

ALIA FATHIYAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s