BUKU PUSAKA INDONESIA, KARANGAN TAMAR DJAJA

Image

 

Buku “PUSAKA INDONESIA” (Orang-orang Besar Tanah Air) yang dikarang oleh “ pemuda Indonesia yang dalam segala-galanya bersifat sederhana , kata Muhamad Yamin. Pemuda tersebut adalah Tamar Djaja yang menulis pada cetakan ke empat di Jakarta pada tanggal 1 Januari 1951.

Buku ini pada hakekatnya, adalah cetakan ke IV. Tjetakan pertama telah terbit pada tahun 1940 di Bukit Tinggi, dan tjetakan ke II tahun 1941. Kemudian setelah proklamasi kembali ditjetak lagi untuk ketiga kali. Penerbitnja ketika itu, ialah “PENJIARAN ILMU”. ( pada Pembuka Halaman , hal.9)

Buku ini mendapat penghargaan dari Muhamad Yamin yang pada tulisan Penghargaan nya menuliskan pantun Perancis Le chant du depart , bangsa dan tanah airlah yang menjadi ibu orang perjuangan.

egitu pula seorang Adi Negoro diawal tulisan Kata Pengantar pada buku itu untuk buku cetakan ke III nya, di Bukit Tinggi diterbitkan oleh “Penjiaran Ilmu” menulis : Kata Thomas Carlyle, History is the essence of innumerable biographies”,artinya riwayat itu adalah pati dari pada riwayat orang yang tidak berhingga jumlahnya, dan Emerson berfaham bahwa, “ There is properly no history only biographie. Sebenarnya tidak ada riwayat, melainkan perjalanan hidup orang saja. Begitupun dalam tulisan terakhirnya Adi Negoro menuliskan; Muliakan orang besar kita, sebab dengan memuliakan mereka, kita menunjukkan bahwa dalam hati kita ada pula kemuliaan, bebas dari kerendahan achlak.

Tidak ketinggalan Ulama Besar Indonesia yaitu H. Abdul Malik K.A (HAMKA) dalam sumbangan tulisannya, menuliskan bahwa pekerjaan Tamar Djaja ini, adalah satu usaha besar.

 

SALAM

ALIA FATHIYAH (Cucu TAMAR DJAJA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s