BukuKu tentang Artis Indonesia

Image

 Kalau berkunjung ke Gramedia, suka galau sendiri. Ambisi dan obsesi untuk menerbitkan buku belum kesampean juga. Padahal sempet kesebut, sebelum 40, harus ada buku karangan gue di toko buku. Tapi…susahnya mewujudkan hal itu. Padahal ide udah banyak banget, udah dibikin kisi-kisi sejak beberapa tahun lalu, tapi semua blank!

Karena gue khatam di dunia keartisan buku tentunya seputar tentang artis Indonesia. Beberapa tahun lalu udah dibuat tulisan bagaimana caranya untuk bisa nyemplung di dunia artis. Tahapannya, tempat casting, bertemu produser, harus sabar ikutin casting, tapi bingung juga kenapa buku nggak selesai-selesai. Gue pernah manajerin ponakan suami jadi artis dan dikontrak ekslusif di Sinemart. Sampai dia main sinetron stripping dan beberapa FTV. Dari sana gue nyemplung langsung, bagaiamana usaha dan kerja keras supaya bisa jadi artis. Bagaimana ketika tanda tangan kontrak dengan PH, tawar menawar harga. Pernah ditawarin casting hunter sama pemilik Sinemart, tapi nggak berlangsung lancar karena guenya juga udah disibukkin sama deadline dan liputan.

Lalu ada lagi ide membuat buku tentang kisah-kisah artis. Kan sekarang banyak tuh di Gramedia, untold story artis-artis Indonesia, atau cerita artis yang tidak diketahui masyarakat. Nah, itu sedang gue susun, dibuat seperti cerita fiksi. Atau kumpulan cerpen tapi kisah si artis dan tentunya base on true story or true event. Dibantu ya dibantu semoga tulisan lancer jaya dan ada penerbit yang bersedia.

Ide buku lainnya is novel! Alhamdulillah udah selesai, tapi ditolak Gramedia sodara-sodara!! Jadi sekarang masuk tahap revisi. Pihak Gramedia si bilang idenya menarik, tapi masih ada yang kurang. Nah, yang kurang itu sedang diperbaiki. Bercerita tentang suka duka seorang wartawan gossip mengejar peliputan berita artis. Gue banget kan??? Tapi diselipkan dengan kisah percintaan, yang keren. Dia berada di dua lelaki yang mencintai dan dicintainya. Karena nggak mau rugi, dia jadiin pacar kedua cowok itu! Lalu diselipkan dengan  cerita dia investigasi atas permintaan seorang diva pop Indonesia. Novel ini ada fakta dan tentu fiksi. Judulnya kira-kira “Cerita Nayla”, karena tokoh utamanya bernama Nayla. semoga cepet selesai dan ada penerbit yang bersedia menerbitkan sehingga best seller. Amin.

Nah, ide lainnya adalah ini di luar dari dunia keartisan. Gue termasuk sebagai pendengar dan konsultan teman-teman gue yang sedang bermasalah. Alhasil, gue ada niat membut cerita-cerita mereka dijadikan buku. Judulnya catchy gak “Sang Istri Juga Punya Cerita”. Memang bercerita tentang wanita-wanita yang sudah bersuami dengan segala permasalahannya. Buku ini untuk dibaca para wanita agar lebih bersyukur. “Owh, ternyata masalah gue nggak ada apa-apanya. Owh, kisah ini mirip sama gue. Kayaknya ini langkah yang harus gue ambil.” So, untuk para wanita You’re not alone. Banyak cerita lain yang lebih tragis. Ada KDRT oleh suaminya, ketika hamil ditendang, ada yang ditinggal suaminya dan terkena kanker payudara dan masih banyak lagi cerita yang membuat inspiratif.

Itu beberapa ide untuk dibuatkan buku. Karena waktu kerja yang gila, deadline setiap saat, bos-bos yang rempong, ide membuat buku-buku itu selalu tertunda. Sepertinya yang novel atau kisah artis itu didahulukan. Ayo kalau ada penerbit yang bersedia mencetak dan menerbitkan buku-buku akyu, let me know yah.

 

Salam

 Alia Fathiyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s