Cara Bayi Cepat Gemuk dengan ASI

Setelah sembilan tahun, akhirnya saya punya bayi lagi. Dan rasanya tentu menyenangkan. Baru di anak ketiga ini saya mengetahui bagaimana supaya bayi cepat gemuk hanya dengan ASI saja.

Dua anak saya sebelumnya, gemuk disebabkan tambahan sufor, itu karena saya juga bekerja. Dan di anak ketiga ini, saya total ingin memberikan bayi saya ASI ekslusif selama 6 bulan. Selain itu, Fatih-nama bayi saya yang lucu menggemaskan itu, lahir dengan usus kecilnya tersumbat sehingga sulit pup. Dia terkena atresiasi Yeyunum (Nanti saya ceritakan di sini ya, saya harus berfikir keras dan menahan nafas untuk menulisnya, mengingat ‘ujian’ itu datang pada Januari lalu).

Dokter mengatakan, untuk mempercepat operasi kedua, yakni dinamai bahas kerennya, yeyunustomi alias operasi tutup- bayi saya harus gemuk.

Selama 3 minggu, Fatih berada di Nicu Siloam Hospital Karawaci, saya memandangnya dengan iba. Tubuhnya mungil, lahir di kehamilan 36 minggu dengan berat 2,8 kg dan panjang 46 cm, dia harus puasa selama 2 minggu.

Nah ini bagian baby saya bisa gemuk (sori intronya kelamaan). Jadi saya baru tahu, kalau masa menyusui bayi di payudara itu menentukan bayi gemuk. Selama ini, orang jadul selalu mengatakan (begitu juga ibu saya), kalau payudara kanan itu makanan, dan kiri itu minuman. Itu salah besar!

Jadi mom, usahakan menyusui satu payudara itu minimal 15 menit dan maksimal 30 menit. Kenapa? Karena di menit terakhir itu ada lemak yang bisa menyebabkan bayi gemuk. Selain itu, jika mom menyusui dalam waktu segitu, bayi akan tidur pulas selama 2 jam. Tentu karena perutnya sudah kenyang dan penyerapan lemak ditubuh lebih lama. Jadi mom bisa melakukan kegiatan lain atau istirahat.

Jadi, Fatih itu pulang ke rumah ketika usianya hampir 1 bulan. Tubuhnya sangat mungil, berbeda dengan bayi lain yang sudah terlihat besar. Bahkan, jika datang ke dokter anak untuk kontrol sepulang dari Nicu, para ibu bertanya usianya berapa dan memandang bayi saya. “Kecil ya, ih masih merah.” Rasanyaaa gimanaaa gitu.

Lalu saya bertekat untuk membuat Fatih gemuk. N u konw what??? My baby dalam sebulan beratnya naik 2 kg!! Sampai dokter dan suster kaget mengetahui baby saya gemuk hanya ASI. Saya dengan sabarnya menyusi Fatih, bahkan bisa sampai 1 jam. Itu belum lagi ditambah payudara yang sebelahnya. Jika sedang menyusui bayi diusahakan tenang, peluk bayinya dengan sayang, usap-usap kepalanya, lalu bersenandung. Kalau saya selalu membaca surat Al Fatihah, disambung dengan surat An Naas, Al Falaq, Al Ikhlas, Ayat Kursi dan terakhir salawat nabi. Alhamdulillah, my baby sehat sekarang ini. Selamat mencoba mom.
Semoga artikel ini membantu ya mom. Gudlak!

fatih ganteng

One thought on “Cara Bayi Cepat Gemuk dengan ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s