Mpasi Baby Fatih di usia 6 bulan

Nah ini baby Fatih siap-siap mau makan, duduk manis di bouncer sambil bermain dengan boneka gantung. Biasanya saya balapan masukin bubur ke mulutnya sebelum itu boneka dimasukkan ke mulutnya sendiri, Lolaal dan kiddoss 511

Pas usia 6 bulan pada 5 Juli 2015, saya sudah mempersiapkan beberapa alat untuk masak serta makanannya. Meski saya sudah pernah mempunyai baby, tapi ini berbeda. Saat kedua abangnya Fatih masuk jadwal Mpasi, saat itu belum dicanangkan kalau Asi ekslusif itu sampai usia 6 bulan. Jadi Uton dan Rafa (kedua abangnya) di usia 4 bulan sudah diberikan Mpasi.

Selain itu, mereka diasuh oleh pembantu dan ibu saya karena saya bekerja. Tapi Fatih saat ini pure oleh saya karena saya memutuskan untuk bekerja freelancer.

Bingung juga si, kalau Uton dan rafa di usia 6 bulan sudah diberikan nasi tim blender. Lantaran sejarah Fatih dengan usus bermasalah, saya mencoba meraciknya selembut mungkin.

Saya sudah beli beras merah organik, beras putih organik dan kentang organik. BUkannya mau sok2 an organik, kebetulan ke toko yang menjual bahan makanan dan terselip yang organik, langsung saya beli untuk baby.

Hari pertama, saya buatkan tepung bubur beras merah. Caranya:

Beras merah saya rendam selama 12 jam. Tiriskan, lalu saya oseng (tanpa minyak) hingga berubah warna. Lalu saya blender menggunakan alat yang kecil dari kaca, memang khusus untuk makanan kering.

Saya taruh di kotak tapperware (sori kalau spelingnya salah), lalu simpan di lemari es. Jadi jika ingin membuat bubur tingga saya ambil seperlunya.

Note:
Sebaiknya, jika kotak itu dikeluarkan langsung ditaruh di tuperware lagi. Saya pernah kelupaan beberapa hari di luar kulkas, tau-tau berasnya sudah berbulu.

Cara Membuat bubur Beras Merah:
Saya mengambil berbentuk piring kecil dari stainless steel, saya larutkan tepung dengan air matang. Lalu taruh di atas kompor, jika terlihat masih keras, tambahkan air hingg tekstur sesuai yang diinginkan. Lalu saya beri ASI dan siap diberikan ke baby Fatih.

Sama hal nya dengan beras putih. Bedanya beras putih hanya saya rendam selama 3 jam saja.

Cara Membuat Pure Kentang Baby Fatih

Kentang dikupas kulitnya, lalu dicuci, dipotong dadu dan saya kukus. Lalu saya masukkan blender, beri air sedikit dan siap diberi ke Baby Fatih. Kadang bisa diberi ASI atau susu formula (Fatih tidak saya berikan sufor).

Ini penampakkan puree kentang saya taruh di container kecil, diambil ketika akan makan.

aal dan kiddoss 523

Awal masih dengan Asi, lama kelamaan saya mencobanya dengan sayuran seperti bayam, brokoli, wortel dan campuran dengan tahu, tempe, jagung. Lalu saya berikan air kaldu ayam, daging dan ati ampela. Alhamdulilla, Fatih suka semua yang dihidangkan.

Untuk memberikan tekstur lembut, setelah dimasak biasanya saya saring. Saya pernah tanpa saring, baby nya keselek, jadi untuk amannya saya saring meski memakan waktu agak lama.

Semoga membantu ya, besok-besok saya sharing lagi soal makanan dan perkembangan baby Fatih yang kini sudah 7 bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s