Pekan Raya Indonesia 2016, Diklaim Sebagai Pesta Rakyat

Pekan Raya Indonesia (PRI) 2016 resmi dibuka, Kamis 20 Oktober 2016 oleh Kepala Barekraf Triawan Munaf  di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan.
Si penggagas acara mengklaim ini adalah pesta rakyat terbesar. Mungkin besar, karena memang tempatnya di ICE yang memang luas. Menggunakan 10 hall yang ada di ICE BSD City seluas 66 hektar menunjukkan bahwa pagelaran PRI siap memberikan hiburan dengan konsep 1.000 band, 1.000 rasa kuliner warisan nusantara, dan beragam wahana permainan keluarga yang berlangsung dari Kamis, 20 Oktober 2016 hingga 6 November 2016 mendatang.

pri5
Tapi menurut gue, PRI sama aja kayak acara pameran pada umumnya. Malahan nggak jauh beda sama Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran yang digelar tiap tahun. Hanya PRI digelar di indoor jadi lebih adem dan dandanan tetep kece, gak campur keringet.
Tak lama sekitar pukul 15.00 lewat dikit (padahal undangan si jam 14.30 WIB), Triawan Munaf datang dengan ajudannya yang berjibun. Menurut gue, Pak Triawan ini nggak seperti pejabat lainnya. Mungkin karena dasarnya dia seniman musik ya, jadi kayaknya kurang nyaman aja gitu dikasih fasilitas ajudan dan menjadi orang penting paling utama di sebuah acara dan diplototin orang satu ruangan yang sudah menunggunya (piss pak Triawan), ini menurut pandangan gue yaaaa.

pri6
Di acara ini, Pak Triawan sempat curhat. Dia merasa terbebani dikasih tugas sama presiden untuk membantu mendorong menaikkan perekonomian Indonesia lewat ekonomi kreatif. Pasalnya, pemasukan ekonomi kreatif pada beberapa tahun belakangan menurun, katanya.
Untuk bisa masuk ke arena PRI, pengunjung bisa membeli tiket seharga Rp 25.000 periode hari Senin-Jumat dan Rp 35.000 untuk Sabtu dan Minggu.
Adapun pembelian tiket bisa dilakukan di Indomaret, Alfamart, dan Kiostix. Sementara untuk jam operasionalnya, Senin-Jumat dibuka pukul 15.00-22.00 WIB, sedangkan khusus hari Sabtu dan Minggu dibuka pukul 10.00-23.00 WIB.
PRI 2016 menghadirkan bermacam tenant mulai dari produk-produk baik kuliner, fashion, craft, otomotif, furnitur, properti, komputer, elektronik baik dari merek-merek ternama maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

pri4

pri3
Selain hiburan entertainment, PRI juga ada gerai otomotif, busana, furniture, gadget yang katanya ada harga khusus. Kalau ini ada di hall 3.

pri7.jpg
Untuk hall 9 dijadikan surga untuk anak-anak. (Nah, gue bakal bawa baby F ke sini nih, azzeekk, gretong dong. hush!). Di sini ada beragam pameran produk permainan anak, wahana dunia salju, conjuring house, horse riding, gokart, paint ball, feeding pet, istana balon dan masih banyak lagi. Untuk kuliner ada di hall 1 dan 10.
AAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s