Rasanya Isi Materi Yuk Nge-Blog untuk SMAN1 Boedoet Jakarta

 

budut3

Mengisi materi di depan orang banyak, ini pertama kalinya yang saya lakukan. Tidak semua orang memiliki kemampuan public speaking. Melihat orang bicara di depan audience, kayaknya enak aja gitu, lancar dan mengalir seperti tak ada halangan.
Ketika seorang teman, Tantri meminta saya untuk mengisi materi soal dunia per-blogingan-untuk almamaternya, SMAN1 Boedoet dalam rangka Bulan Bahasa, saya langsung mengangguk setuju.

aal-budut
Itung-itung tes mental dan cari pahala berbagi ilmu, gitu pikiran saya, tul gak. Untuk ngeblog saya memang masih pemula, belum juga 2 tahun. Tapi ketika seorang teman minta tolong dan niat ingin berbagi siapa sih yang bisa nolak.
Lalu untuk mempersiapkan diri saya mulai berselancar di dunia maya, kembali membaca, materi apa saja yang perlu dibagikan kepada anak SMA. Yang pasti sih soal duit. Dari nge-blog bisa menghasilkan duit. Pasti bakal semangat anak-anak ABG itu, yakan?
Karena ini pertama kali, saya mulai latihan ngomong sendiri tuh. Lagi nyetir sendiri, ngomong. Lagi ngaca, ngomong. Lagi ngemong anak, juga ngomong ahahaha.

Pengalaman ngomong di depan orang banyak, minim banget. Paling nggak dulu, diminta Tina Toon untuk ngemsi di peluncurann albumnya. Itu juga yang hadir temen-temen sendiri. Tapi menurut saya, public speaking itu yang penting mental!

budut2

budut7
Lalu tibalah saat yang ditunggu. DI ruang pertemuan Beodoet (Ini sekolah kece banget lho, dengan bangunan jadoel, ditata sedemikian rupa. Jadi terlihat rapi, bersih, banyak pohon dan bunga. Sukak liatnya). Sekitar 60-an anak kelas 1-2 SMA sudah duduk manis, memandangi saya dan Tantri kebingungan dengan proyektor canggih nan besar itu. ( di bagian ini, berasa kita makin tua hahahah. Gimana nggak, waktu belum dimulai, itu screen bisa berganti page cuma lewat sentuhan, pas materi sudah berjalan, tiba-tiba screennya ngambek. Udah gue sentuh sepenuh hati, dia tak bergeming, Lolss).
Alhamdulillah, pemberitan materi yang saya beri judul Yuk Nge-Blog berjalan lancar jaya. Saya pro aktif dengan jalan ke tengah ruangan dan menyodorkan pertanyaan ke mereka. Mereka juga sigap menjawabnya, meski khas anak ABG kalau ditanya jawaban setengah (mirip anak gue nih, Lols).

budut6
Apalagi ketika mereka tahu, dari nge-blog bisa menghasilkan uang (monetize). Langsung pada semangat. Semoga materi yang saya berikan ada manfaatnya. Makasih ya Bodoet!

Alia Fathiyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s